Rabu, 17 Maret 2010

Tips dan Trik DRIBBLE : # 2 The Spin

BASKETBALL

Tips dan Trik DRIBBLE : # 2 The Spin

Spin Move adalah gerakan dribble untuk melewati lawan dengan melakukan putaran tubuh 180 derajat

Ketika Anda berada di pertahanan terbuka (Man to man) dan defender seakan-akan dapat membaca kemana arah gerakan Anda yang harus melewatinya dengan dribble untuk bisa mendekatkan diri dengan ring maka mendribble bola spin bisa menjadi solusi cerdas karena tidak setiap defender akan berfikir Anda akan melakukan gerakan tersebut. Untuk melakukan gerakan spin dimulai dengan mendribble bola dengan pantulan keras (power dribble) dilanjutkan dengan tangan kanan Anda ke arah defender sehingga seakan-akan merubah pola fikir defender bahwa kita akan melewatinya dari sisi kanan, lalu berhenti dengan kaki kiri ke depan dijadikan sebagai tumpuan untuk putaran (spin). Membuat cepat poros 180 derajat dari kaki kiri Anda lalu Switch tangan untuk memindahkan bola melalui rotasi dan dengan cepat sudah terjadi perpindahan mendribble bola dari tangan kanan ke tangan kiri. Segera setelah Anda kembali tubuh defender yang secara otomatis sudah menjauhinya, lakukan poros 180-derajat dari kaki kanan Anda dan Anda akan menghadap ke ring lagi selanjutnya keputusan terbaik ada pada anda untuk melakukan eksekusi shooting atau ekstrapassing teman yang paling berpeluang mencetak poin.

Akan tetapi setiap gerakan akan memberikan pengaruh dalam permainan tim secara keselurhan termasuk gerakan Spin dan inilah efek negatifnya :
  1. Ketika berputar, sementara Anda tidak dapat melihat Ring atau tidak akan dapat melihat anggota tim melakukan gerakan memotong (cutting) hal tersebut sebagai akibat dari gerakan memutar 180 derajat yang sangat membutuhkan konsetrasi untuk membuatnya berhasil.
  2. Defender lain yang ada pada posisi help side mungkin dapat membaca Spin Anda dan anggota tim Anda dalam posisi tertutup arah passingnya oleh defender lain sehingga kemungkinan besar akan turn over.
  3. Melakukan spin bergerak terlalu cepat dapat mengeluarkan Anda dari-keseimbangan sehingga yang terjadi justru travling dan banyaknya turn over akan membuat tim Anda mengalami kerugian besar jika itu merupakan pertandingan yang menentukan dalam suatu kejuaraan bergensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar