Rabu, 17 Februari 2010

6 GERAKAN DASAR BOLA BASKET

BASKETBALL

Olah raga basket merupakan olah raga disiplin ketat

Setiap pemain harus benar2 mengetahui strategi, instruksi dan melakukannya dengan tepat. Seorang pemain bola basket harus mampu bergerak secara benar, cepat dan tepat. Pergerakan ini dipondasikan oleh pergerakan dasar (fundamental movement), atau sering disebut dasar dari olah raga basket (basic of basketball). Benar, cepat dan tepat mengisyaratkan setiap pergerakan dalam permainan ini harus efektif dan efisien. Pelatihan yang baik akan membuat pemain mengurangi pergerakan-pergerakan yang tidak diperlukan. Pelatihan yang kontinu akan menumbuhkan insting untuk menggunakan gerakan-gerakan ini disetiap saat yang tepat.
Ada 6 yang termasuk dalam posisi fundamental dan pergerakan dasar bola basket.

6 hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Stance (cara berdiri)
2. Start (mulai bergerak)
3. Step (langkah pergerakan kaki)
4. Turn (berputar)
5. Stop (berhenti)
6. jump (melompat)

Quick Stance
Quick stance merupakan posisi sigap yang bertujuan siap bergerak kapan pun. Quick stance memungkinkan seorang pemain untuk melakukan pergerakan lebih cepat dan bertenaga. Dalam pelatihan, quick stance merupakan hal yang sulit dilakukan terutama pada pemain muda, mengingat melatih kuda-kuda merupakan sesuatu yang membosankan bagi pemain, selain itu, pemain muda juga kurang mempunyai daya tahan otot untuk tetap berada dalam quick stance dalam jangka waktu lama. Karena itu, motivasi diberikan dengan mengingatkan pemain akan pentingnya gerakan ini dalam permainan basket secara keseluruhan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam quick stance adalah
1. Posisi kaki --> ada dua macam posisi kaki, yakni (1) Slightly staggered stance, yang menempatkan salah satu telapak kaki berada di depan yang lainnya. Posisi ini ideal untuk merubah ke beberapa arah. (2) Parallel stance, menempatkan kedua kaki sejajar dan selebar bahu, biasa digunakan oleh catching dengan jump stop dan defender yang bertahan ke arah samping.

2. Distribusi berat tubuh --> Distribusi berat tubuh pada posisi telapak kaki SSS, yakni dengan menempatkan 60-80 persen berat tubuh di kaki belakang, sedang pada parallel stance, distribusi kedua telapak kaki berimbang.

3. Posisi Kepala dan badan --> Kepala karena letakknya di atas, merupakan kunci keseimbangan tubuh. Quick stance memberikan pola segitiga antara kepala dan kedua telapak kakinya, serta membuat lekukan lutut antara 90 - 120 derajat. Posisi kepala di belakang lutut dengan kedua telapak kaki dibuka selebar bahu.

4. Lengan dan Tungkai --> Persendian, termasuk didalamnya mata kaki, lutut, pundak, pinggul, siku, dan pergelangan tangan, diharapkan selalu dalam keadaan siap dan lentur (ditekuk).

Selain itu, pemain biasanya selalu diingatkan untuk mempertahankan keseluruhan telapak kakinya dalam setiap pergerakan. Biasanya dengan pelatihan eagle claw. Juga diingatkan agar tetap stay low, untuk menjaga keseimbangan gravitasi. Dalam offense, quick stance disebut juga triple threat position, karena bola diletakkan pada sisi dominan tubuh mendekati ketiak, dimana dalam posisi ini, pemain dapat dengan cepat melakukan shooting, passing atau dribling.

Quick Start, Step, Turn, and Stop
ini adalah pergerakan dasar (fundamental motion) yang bila dikuasai dapat mengefektifkan setiap strategi dalam permainan bola basket. Sesuai dengan pedoman do it right, do it quickly, and do it at the right time. Latihlah dengan metode game-speed execution development, yakni membiasakan melakukan dengan benar pada kecepatan yang bertingkat secara bertahap.

1. Quick Start, yakni menitik beratkan perhatian pada penempatan berat tubuh saat mulai bergerak. Saat bererak ke arah tertentu, maka berat tubuh mengikuti pergerakan itu. Terdapat dua teknik dalam melakukannya, yakni (a) lead food first, melangkahkan kaki dengan arah yang sama pada langkah pertama, dan (b) push step, melakukan slide dengan langkah cepat dan pendek. hindari bunny hop (melompat saat slide).

2. Quick Step, yakni menitik beratkan perhatian pada perubahan. Filosofisnya, adalah perubahan kecepatan (change of pace) dan perubahan arah (change of direction).

3. Quick Turn, yakni perputaran tubuh yang bertumpu pada satu kaki. Ada dua, yakni (1) Front turn, berputar ke arah depan, dan (2) Rear turn, berputar ke arah belakang.

4. Quick Stop, yakni teknik yang digunakan untuk berhenti sehingga akan berada dalam posisi siap. Ada dua macam, yakni (1) jump stop, berhenti dari keadaan berlari, slide atau jump dalam posisi quick stance dengan kedua kaki bersamaan mendarat di lantai. Sering digunakan untuk menghemat waktu mengingat hitungan yang diperlukan adalah satu. Biasanya diakhiri dengan parallel stance. dan (2) Stride Stop, berhenti dalam dua hitungan. Posisi akhir biasanya adalah Slightly Staggered Stance.

Quick Jump
Jumping sering dianggap sebagai kemampuan khusus yang natural dari pemain. Namun, jumping yang baik dapat dilatih dengan metode tertentu. Prinsip pelatihannya yakni (1) pemain ada dalam keadaan quick stance untuk siap melompat, (2) pemain akan melompat lebih tinggi jika otot kakinya dilatih, (3) pemain mengetahui bagai mana mendarat tanpa cedera (dengan posisi yang tepat) dan melakukan lompatan kedua dengan cepat.

Jump dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut.
1. Two foot power jump, gerakan ini relatif lambat namun merupakan gerakan jump yang paling stabil. Gerakan ini paling bertenaga saat harus mengalami benturan di udara (body contact). Diawali dengan quick stance, lalu jump untuk mendapat tenaga yang besar.
2. Quick jump, yakni gerakan jump yang bertujuan menghemat waktu dengan tetap menjaga keseimbangan dan dilakukan saat memerlukan kecepatan untuk mengambil bola di udara. Gerakan ini berguna saat akan melakukan lompatan kedua. Untuk memperoleh kecepatan, biasanya quick stance di gerakan ini tidak sedalam gerakan two foot power jump, lalu, posisi kedua tangan biasanya telah siap (diatas pundak).
3. One Foot Jump, Dengan gerakan ini, lompatan pemain bisa maksimal. Gerakan ini adalah yang paling tidak stabil diantara dua gerakan sebelumnya, karena itu, cara mendarat dengan baik sangat diperlukan. Gerakan ini biasa dilakukan untuk layup.

1 komentar:

  1. mantab jaya om... ane kopi ke blog ane ya... buat blajar...

    www.samawicp.blogspot.com

    mampir juga ya...

    BalasHapus