Jumat, 09 April 2010

Sepatu Basket




  • Sepatu basket yang baik harus bisa menahan impact waktu digunakan melompat. jika selesai bermain basket, telapak kaki terasa sakit sekali atau bagian dibawah tempurung lutut atau bagian pergelangan kaki merasakan sakit hal tersebut  menandakan sepatu yang pakai tidak cocok untuk menopang berat badan waktu kita gunakan untuk gerakan dalam basket sehingga jika digunakan secara terus menerus akan berakibat sangat tidak baik untuk kemudian hari saat usia sudah tua.

  • Tidak licin (sticky). Sepatu yang sticky itu bisa nambah performance sehingga akselerasi kecepatan tetap bisa maksimal, terutama waktu dribble, cut, ngejar bola, cross over, spin.

  • Kenyamanan merupakan hal yang penting untuk sebuah sepatu olah raga (comfy). Jika terlalu panas dipakai hal tersebut berkaitan dengan tidak adanya ventilasi dalam sepatu, meskipun cuman bolongan2 kecil sangat bermanfaat, tapi rata2 sepatu jaman sekarang tidak masalah karena bahan yang digunakan sudah sangat baik. Adanya jahitan yang menonjol di bagian punggung kaki juga sangat berpengaruh jika menggunakan kaos kaki tipis dapat menyebabkan kaki lecet-lecet. Pilihlah  sepatu yang sizenya pas, bukan cuman kedepan, tapi juga kesamping, jika kaki di dalam sepatu bisa bergerak kekanan ke kiri, maka hal tersebut menunjukan ukuran sepatu kebesaran dan dapat berakibat cedera pada pemakai.

  • Stabil. Sepatu basket yang baru sebagian besar punya plastik dengan berbagai macam bentuk yang dari bawah kaki ke ankle. ini gunanya untuk "memegang" kaki, supaya tidak rolling n mendarat dengan salah. sepatu2 yang punya sistem seperti ini penting buat orang yang sering cedera ankle. selain itu ada juga yang cutnya tinggi, n cutnya rendah (seperti sepatu tennis). Sepatu yang cutnya tinggi lebih stabil n aman, yang cutnya rendah lebih flexible n responsive. Kestabilan yang penting juga dilihat dari bola kaki (bagian belakang telapak kaki) yang harus ketat, tidak bisa gerak-gerak kanan kiri, depan belakang maka keamanan setidaknya terjamin hingga mencapai 90%. Selain itu ada juga plastik /fiber yang gunanya untuk "memegang" kaki bagian tengah sehingga membuat kesatuan gerak kaki secara bersamaan.

  • Responsive. beberapa orang misalnya posisi Guard butuh sepatu yang responsive. yang gampang untuk gerak ke kiri ke kanan (low cut) hal tersebut sesuai dengan peran posisinya yang bergerak lincah. Sehingga sepatu dengan solnya tidak tebel sangat baik biar lebih bisa merasakan lapangannya dan tidak berat supaya mudah dipake lari-lari dengan kecepatan dan lompatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar