Jumat, 09 April 2010

Spesifikasi BOLA standar Bola Basket


BASKETBALL

Spesifikasi BOLA standar Bola Basket

Pada tahun 1891 awal, Desember ketua departemen pendidikan jasmani di Sekolah Kristen Pekerja (sekarang Springfield College) di Springfield, Massachusetts, memerintahkan guru pendidikan fisik (Penjas:Indonesia) James Naismith, dikenal banyak orang sebagai penemu bola basket, untuk menemukan permainan baru untuk menghibur atlet sekolah di musim dingin.
Bola (basket) pertama kali dibuat dari kulit dijahit bersama-sama dengan karet yang diletakkan di sisi dalam. Sebuah lapisan kain ditambahkan pada kulit sebagai penguat dan keseragaman sehingga memunculkan sebuah identitas.
Versi cetak awal dari bola basket diciptakan pada tahun 1942.
Dari tahun 1967 sampai tahun 1976, American Basketball Association (ABA) sudah  menggunakan warna merah sebagai ciri khas bola olah raga basket, dan kombinasi biru putih yang masih terlihat meskipun kini didominasi warna merah. Selama bertahun-tahun, kulit merupakan bahan pilihan utama untuk jadi pelapis penutup bola basket, namun pada akhir 1990-an terjadi perubahan dengan bahan material komposit sebagai bahan pelapis utama menggantikan kulit dan perubahan bola tersebut mendapatkan sambutan positif karena karena kinerja bola yang lebih baik jika dibandingkan lapisan kulit dalam permainan basket kondisi luar ruangan yang memiliki lantai kasar. Sebuah survei tahun 2007 menunjukkan bahwa ada sekitar 300 juta bola basket di Amerika Serikat.

Berikut adalah spesifikasi resmi Bola :

  • Federasi Bola Basket Internasional ( FIBA ) memiliki kriteria yang sangat ketat untuk bola basket yang diperbolehkan: bola harus ukuran 7, menanggung nama produsen dan nomor seri. Itu harus dibuat baik asli atau buatan / kulit sintetis dan harus bebas dari bahan beracun dan bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi, dan juga harus bebas dari logam berat dan warna azo, meskipun tidak FIBA menentukan warna tertentu untuk bola . Ini harus berkisar antara 749 milimeter ( mm ) dan 780 mm lingkar, harus terpental setidaknya 1300 mm ketika jatuh dari ketinggian 1.800 mm pada permukaan yang keras dengan massa lebih dari 1 ton, dan harus berat antara 567 gram ( g ) dan 650 g. Bola juga harus lulus tes ketat: test kelelahan mana terpental 20.000 kali pada tekanan referensi tanpa bocor udara apapun, dan kemudian melakukan sesuai spesifikasi saat jatuh dari ketinggian referensi (1800 mm); tes panas mana disimpan dalam ruangan selama 7 hari pada 70 derajat Celcius dan menunjukkan tidak ada perbedaan dalam penampilan atau kinerja; tes katup mana jarum inflasi kering dimasukkan ke dalam bola 100 kali dan bola tidak harus menunjukkan kebocoran sesudahnya; dan gesekan uji dimana permukaan luar harus sesuai atau melebihi persyaratan gesekan atau melakukan untuk kepuasan para penguji 'dalam permainan praktik. Produsen bola harus telah disertifikasi oleh FIBA, yang berarti menyerahkan bola untuk pengujian dan membayar biaya pengujian $ 3.000, membayar $ 13.000 per tahun untuk biaya lisensi, dan pencetakan logo FIBA pada setiap bola. Setiap produsen dapat mengajukan untuk pengujian dan sertifikasi.

  • National Collegiate Athletic Association ( NCAA ) telah kurang ketat persyaratan: bola harus mengukur antara 29,5 dan 30 inci lingkar, mental antara 49 dan 54 inci ketika jatuh dari ketinggian 6 kaki , dan harus berat antara 20 dan 22 ons (567 -624 g) untuk kompetisi pria (ukuran 7), dan mengukur antara 28,5 dan 29 inci lingkar, mental antara 51 dan 56 inci ketika jatuh dari ketinggian 6 kaki, dan harus berat antara 18 dan 20 ons (510-567 g ) untuk kompetisi perempuan (Ukuran 6). Meskipun tidak NCAA menetapkan produsen tertentu untuk bermain bola di musim reguler, bola basket SOLUSI Wilson adalah bola basket resmi dari turnamen NCAA.

  • National Basketball Association ( NBA ) memungkinkan hanya satu resmi bola: bola harus NBA resmi permainan bola yang diproduksi oleh Spalding. Bola adalah warna oranye, 29,5 inci lingkar dan berat 22 ons (ukuran 7). Ini juga harus meningkat menjadi antara 7,5 dan 8,5 pon per inci persegi. Mulai musim 2006, NBA beralih ke bola baru dari Spalding yang memiliki permukaan sintetis dan pola rusuk diubah (lihat bagian bawah). Sampai dengan tahun 2005 bola memiliki permukaan kulit. Pada tanggal 11 Desember 2006, NBA memutuskan untuk kembali ke bola kulit tua karena pemain banyak keluhan, tuntutan hukum dan luka-luka, sebagian besar menggaruk tangan, dari bola sintetik. Spalding telah memproduksi permainan bola resmi NBA sejak tahun 1983.

  • Women's National Basketball Association ( WNBA ) mempunyai persyaratan yang sama dengan NBA: bola harus menjadi pertandingan bola WNBA resmi diproduksi oleh Spalding. Bola harus oranye dan berwarna putih, antara 28,5 dan 29 inci lingkar dan berat antara 18 dan 20 ons (ukuran 6).




    1 komentar:

    1. Sangat lengkap dan menambah pengetahuan tentang olah raga bola basket.
      ukuran lapangan basket

      BalasHapus