Kamis, 25 Februari 2010

DRIBBLING: Bermain VISI, TUBUH DAN IRAMA dalam Basket

BASKETBALL

DRIBBLING: Bermain VISI, TUBUH DAN IRAMA dalam Basket

Apakah Anda pernah melihat seorang pemain bola basket yang menggiring bola seakan bola adalah bagian dari oleh tubuhnya? Itu adalah contoh pemain bola basket yang baik yang telah menguasai mendasar menggiring bola.

Untuk menguasai teknik menggiring bola, banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Yang pertama adalah bahwa menggiring bola bukan hanya fisik tetapi mental juga. Anda perlu untuk memastikan bahwa Anda tidak menggiring bola terlalu cepat atau terlalu keras dan berusaha untuk mempertahankannya dari lawan. Anda juga bisa menggunakan palsu pindah ke momentum untuk menggeser arah lain untuk menjaga lawan Anda menjauh dari Anda dan selalu mengantisipasi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Ketika Anda mendribel bola, mencoba untuk menyerap gaya dari bola dibelokkan dan Anda akan memiliki kendali yang lebih baik itu. Anda mungkin juga menambahkan beberapa spin ke bola untuk memberikan Anda lebih banyak manuver. Menjaga keseimbangan antara kecepatan dan kontrol juga sangat penting. Hal utama yang membedakan dribblers yang sangat baik dari orang lain adalah kemampuan mereka untuk menerapkan gaya dengan timing yang berbeda ke basket.

Berikut adalah beberapa hal mendasar yang menggiring bola basket adalah Anda harus selalu dalam pikiran Anda:

Gunakan visi
Cobalah untuk melihat lawan Anda alami saat Anda juga mencari pemain terbuka. Anda mungkin juga menggunakan mata palsu untuk membingungkan lawan.

Gunakan tubuh
Menggunakan setiap bagian tubuh Anda untuk menjaga lawan Anda menjauh dari bola. Gunakan bahu Anda untuk berpura-pura jika mata palsu tidak bekerja atau untuk mendorong lawan yang disebut post-bergerak. Gunakan tangan non-menggiring bola untuk menjaga tangan lawan dari mencuri bola tanpa mendorong dia pergi.

Menyesuaikan irama
Jaga irama konstan dan menggiring Anda mencoba untuk mengubahnya bila Anda hendak menggiring bola melewati lawan, mengambil melompat menembak, atau bila Anda akan melewati bola. Perubahan irama lawan Anda dapat bingung tentang apa yang ingin Anda lakukan berikutnya.

Pemain yg menggiring bola yang sangat baik juga menggabungkan kemampuan dribbling-nya dengan menembak dan melewati kemampuan yang membuat lawan lebih keras untuk membela dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar